Tentang Takut

Roda waktu terus berputar, rasa takut terus datang setiap harinya. Tanpa henti, mungkin memang itu cara untuk berkembang?

Takut merupakan perasaan yang muncul dari dalam diri kita. Hal ini biasa didasari oleh trauma yang pernah terjadi pada hidup kita di masa lalu.

Gua suka banget sama kata-kata dari salah satu sahabat gua, dia bilang gini

“kalo lu ngerasa takut ngelakuin sesuatu, berarti itu jalan yang benar”

Agak sadis juga.. Tapi kalo dipikir secara rasional make sense juga sih. Di waktu dan tempat yang sama, gua mengeluarkan sebuah teori asal-asalan gua yang baru banget tadi malem gua buat. Namanya teori gelembung zona nyaman. Begini gambarnya:

Gelembung Zona Nyaman

Nah, gambar gelembung itu adalah gambaran dari zona yang kita sudah mahir dan berada di dalamnya selama ini. Zona itu sangat nyaman untuk ditinggali. Zona itu yang ada di kehidupan kita selama ini. Ia bisa berubah, semakin besar atau tidak sama sekali.

Di sekitaran gelembung itu ada penjaga, yang mana itu adalah rasa takut dan khawatir kita, yang mana juga, itu yang tanpa kita sadari terbentuk selama ini dan tersimpan di otak bawah sadar. Dan kabar buruknya, otak bawah sadar kita mengontrol hidup kita kurang lebih 90%

So, saat kita ingin memperbesar zona gelembung kita dan kita harus berhadapan dengan rasa takut dan khawatir, atau juga disebut oleh mental block oleh orang orang sukses. Itu dia yang harus dihadapi. Itu dia yang biasa disebut ‘monster’ yang ada di dalam diri kita.

And my last word is, HAJAAARR!!!

--

--

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store