Bulan lalu, gue baru aja beli buku baru yang berjudul “Everything is f*ck” atau dalam bahasa Indonesianya jadi, “Sengala-galanya Ambyar”. Agak aneh, tapi yaudalah.

Buku tersebut gue beli bukan tanpa alasan. Alasan pertama adalah karena gue tergerak dengan kisah beberapa orang tua yang menurut gue “semena-mena” menaruh harap dan akhirnya…

Gue punya cerita simple dan menarik yang berhubungan dengan ego. Hal ini juga gue sandingkan dengan filosofi keren yang gue temukan (iya, kali ini baru gue doang yang bilang keren)

Sebut saja Ade, seorang wanita muda pekerja keras yang terlanjur senang hidup di perantauan. Belakangan ini ibunya kangen dan selalu…

sumber: https://unsplash.com/photos/pOrrjxBo6i4 via https://unsplash.com

Naya,

Wanita yang setiap pagi di hari kerja duduk di samping gua itu saat ini tidak terlihat seperti biasanya.

Biasanya, dia menatap ke layar dengan seriusnya memasukan data sampai tidak kepikiran untuk menengok sedikitpun. Tapi kali ini beda, sama seriusnya, tapi matanya tidak ke layar. Entah kemana.

Gua yang merasakan…

Masalah itu ibarat anak tangga bagi kehidupan seseorang. Setiap kali bisa melewatinya, kita akan “naik”.

Dengan masalah, disitulah seseorang bisa dibedakan dari kualitas hidupnya. Semakin diatas, akan semakin baik.

Enggak jarang banyak yang menghidari masalah karena alasan enggak sanggup. Hasilnya, mereka enggak akan pernah “naik”.

Setiap orang menginginkan kualitas hidupnya…

“UX Writer tuh ngapain sih?”

Simpelnya, kalo UX Writer itu ga ada, jadinya kayak gini:

Source: https://bit.ly/2TDGoDO

Jadinya kosongan aja. Makanya, tugas dari UX Writer adalah mengisi kekosongan itu.

Tapi, gak cuman ngisi dengan kata kata doang.

Ada prinsip yang dipegang banget oleh parah UX Writer, yaitu:

Concise (Singkat), Clear (Jelas), Useful…

“Words is matters”

I think that quote can describe what UX writing is,

Because of the words, we can feel close, feel like we talk with humans, and not a machine (app).

For example:

Gojek made the different approaching to the customers through the content inside the app. With picture…

Berada di tengah kerumunan gedung menjulang tinggi. Entah berapa tingkat yang berhasil dibangun oleh arsitek itu. Entah berapa lama proses pembangunannya. Entah berapa lama gue selalu mendangak, berusaha melihat ujung dari gedung tersebut.

Keren.

Kata itu yang muncul dibenak gue

Apakah gue pengen jadi arsitek? Engga juga. …

Pengen cepet dapet kerja abis lulus kuliah, sangat di luar dugaan kalo hasilnya kayak sekarang gini

Kadang suka mikir lagi, apasi yang membuat kita kok ga dipanggil panggil? Apa karena CV? IPK? atau jurusan yang ga sesuai?

bahkan yang sesuai pun juga tetep susah dapet kerjaan

sehari hari digunakan untuk…

Terlalu banyak mengkonsumsi kata kata bijak justru malah dapat membuat kita takut untuk melangkah. Seorang pengusaha muda, Aaron Blenda dalam webinarnya pernah mengatakan, “pengetahuan pangkal ketakutan”. Malah seringkali kita mengetahui banyak hal, malah membuat kita gak bergerak kemana mana. Karena kalo mau melangkah sedikit langsung ada pikiran, “nanti kalo..” nah…

Dari buku yang saat ini gua baca, sudah kedua kalinya gua membaca buku ini, dan gua selalu takjub dengan apa yang dikatakan pada bab pertama pada buku tersebut. buku itu menjelaskan kalau kepercayaan adalah kunci sukses.

Aneh? Pada saat pertama kali baca gua pun merasa begitu, sampai akhirnya gua baca…

Fadhil Haqq

Creative Writer

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store