3 Cara mudah mulai karir SEO di 2022 untuk pemula, harus apa aja?

Fadhil Haqq Fikryan Nugraha
2 min readOct 29, 2022

--

Cara belajar ini yang saya pelajari, dan menurut saya paling mudah untuk mulai SEO di 2022

Bukan cuma di 2022, mungkin akan masih relevan beberapa tahun ke depan

Ilmu ini saya dapet dari Linkedin, tepatnya dari para expert luar negeri yang postingannya berisi daging semua

Gas, langsung aja. Ini dia:

1. Jangan langsung pelajarin semua bagian SEO

Tips SEO dari post Fadhil Haqq Fikryan Nugraha
SEO tips dari postingan Linkedin Fadhil Haqq Fikryan Nugraha

Tulisan di atas saya buat dengan tujuan memberikan insight baru ke warga Linkedin Indonesia, terkait ilmu keren yang saya dapatkan dari expert luar negeri, yaitu Tijana Radivojevic

Beliau membuka mata saya untuk jangan langsung pelajarin semua bagian SEO, itu untuk kerja tim

Ambil 1 bagian aja, untuk kita sebagai perorangan

Detil bagian lengkapnya ada pada diagram di bawah ini:

Diagram dari DuoQ
source: DuoQ

Saya ambil yang mana?

Karena saya punya pengalaman bekerja sebagai Writer di perusahaan kurang lebih 2 tahun, saya ambil Content Production

Bagian itu yang sangat berhubungan dengan produksi tulisan, dan ternyata punya bagian yang cukup besar juga

Kamu yang mana?

2. Perdalam bagian yang dipilih sesuai pengalaman

Setelah tau mau fokus pada bagian mana, perdalam ilmunya setiap hari

Hal ini bantu kamu untuk fokus dengan kuat pada 1 bagian

Banyak cara buat belajar, berbagai channel sekarang udah menyediakan ilmu gratisan

Jadi kayaknya ga ada alasan lagi deh buat ga bisa belajar

3. Perbanyak praktek buat dapetin traffic

Yang saya maksud praktek di sini adalah:

Bisa dengan nulis di blog/web/medium kayak saya ini, dan bisa juga cari kesempatan kerja/magang

Praktek ini penting agar bisa jadi portofolio kita untuk jadi expert di SEO

Belajar aja ga cukup, kita butuh bukti hasil kerjaan kita udah sebagus apa dan agar bisa dievaluasi

Bonus

Aktif di Linkedin, belajar dari para expert di bidangnya, posting apa yang kamu pelajarin, share dan diskusi di komen

Kesempatan baru akan datang dengan sendirinya

Mari berkoneksi di Linkedin dengan saya, klik di sini

Good luck for you and me!

--

--